Selasa, 05 Juni 2012

first time be a Voyager

16 Mei'12

well.. Lombok lagi. bukan untuk menghabiskan waktu disini lagi seperti febuary lalu tapi untuk perjalanan lainnya.
selalu rindu akan ayam taliwang kalau dengar kata Mataram, jadi saya sempatkan mencari rumah makan ayam taliwang yang pertama kali dikota ini. Taliwang Irama tempatnya, ( Jl. Ade Irma Suryani no.10 ).

17 Mei'12 - 12.33 WITA
Mataram - Labuan Lombok

Dengan menggunakan boat berkapasitas 25 orang, ~ tapi rombongan saya hanya  14 orang dengan 5 kru kapal ~ kamipun mulai berlayar. tidak banyak yang saya lakukan untuk menghabiskan siang itu dikapal. hanya yang paling menarik adalah sebuah perbedaan baru yang saya temui, 10 tourist asing itu menghabiskan waktu untuk membaca buku sedangkan 4 orang lokal termaksud saya hanya menghabiskan waktu dengan duduk, memendang laut, bengong, ngobrol kalau ada pembahasan atau hunting foto seperti yang teman baru saya lakukan, mas reza dan mas wahyu. so flat _
hari itu tidaklah buruk, hati saya terhibur pada malam harinya, lebih tepatnya tengah malam. kami berlabuh di Gili Bola. udara dingin laut menyentuh kulitku, didepan deck kapal itu sayapun terkagum dengan indahnya bintang-bintang yang sangat indah. seolah mereka tau bisa menghilangkan kesedihan siapa saja yang melihatnya. baru 2x saya merasakan moment tepat seperti ini. disini dan ora island, maluku.

18 Mei'12 - 6.25 WITA
Pulau Moyo, NTB

Syukurlah, ternyata malam itu kapal mulai jalan lagi saat kami sedang tidur, kalau kapal baru jalan pada pagi hari bertambah bosanlah kita dibuatnya. nothing to do selama 7 jam untuk sampai pulau Moyo itu ... ugh, males dibahas!
kapten kapal bilang, kita ngegosip si lebih tepatnya. di pulau inilah prince Wiliam dan Kate midleton menikmati bulan madu mereka. tapi memang itu dirahasiakan. sempat tidak percaya tapi setelah diyakinkan bahwa mereka selalu melewati jalur yang sama selama berlayar dan tidak jarang informasi seperti hal itu sering mereka dapatkan, dan saya juga pernah baca di suatu majalah ratu elizabeth pun pernah datang kesana. well, tapi sayang saya hanya melewati titik pulau yang dibangun resort mewah itu... dengar-dengar harganya 30jeti/nite. aishhh....

Dipulau ini hanya menikmati air terjunnya & berenang di laut yang airnya hangat. oh ya.. trecking kedalam hutan hanya 20 menit dari bibir pantai dan airnya seger banget.

12.45 WITA
Pulau Satonda, NTB

"coral disini bagus" pernyataan kru kapal saat kita tiba di pulau ini, tapi saya hanya 50% sepakat. hanya snorkling sebentar, saya langsung naik ke darat, bermaksud untuk melihat danau air asin di dalam pulaunya. tidak ada ubur-ubur seperti di kakaban hanya ikan-ikan kecil ~ seperti ikan terapi yang mengigiti kulit mati kita ~ dan juga alga. kedalamannya 70m.
dulu ada 1 waisata lagi yang sering didatangi, batu alam berbentuk manusia. tapi sudah hancur sekitar tahun 87-an, dianggap musrik karena ada beberapa orang yang menggunakannya sebagai tempat berdoa. masuk pulau ini bayar Rp.20.000

19 Mei'12 - 9.35 WITA
On Boat... setelah Pantai Pink - Gili Laba

boat berangkat lagi, menuju Gili Laba. tidak akan menunggu lama lagi seperti yang saya habiskan 16jam pada malam sebelumnya dikapal.
 saya baru memegang notebook setelah berenang di Pantai Pink. tanpa basa basi saya langsung nyebur saat kapal mulai berlabuh, balas dendam dengan bad moment yang saya rasakan semalam. ombaknya sedikit membuat saya pusing, makanannyapun terasa eneg, dan saya hanya menghabiskan waktu dengan tidur. habis apalagi yang harus saya lakukan saat keleyengan seperti itu.
Coral dan ikan di pantai Pink indah. saya juga baru melihat ikan yang warnanya baru yang belum saya lihat sebelumnya dan ini juga menjadi ke-2x nya saya merasakan pantai dengan keindahan pasir pinknya.

sebelum sampai Gili laba saya sudah tau kalau tempat itu pasti luar biasa indah... sebelum sampai saja saya sudah disuguhkan bukit-bukit besar, berjejer dan hijau yang tidak ada pohonnya, tangan enggak tahan untuk terus ambil gambar. saat kapal berlabuh semangat berkobar-kobar mau hiking ke puncak bukit ini, tapi semangatnya ilang sama capek ~ maklum pendaki amatir ~ dan akhirnya tepar di rumput. :( hanya 75% saya mendaki, dan sekarang saya baru sadar, harus menjaga pola makan.
tetap harus bersyukur, disitu saja saya sudah terhibur oleh pemandangan yang luar biasa cantik.

kiri : trecking menuju puncak.

kanan : pemandangan dari atas

rumput hijau mengikuti alur angin, suaranya nyaman sampai kehati. :)

foto saya itu hanya menggambarkan beberapa bukit saja,, kalau kamu disana semua sudut mata adalah bukit-bukit hijau, besar nan indah itu..

2 jam kemudian....
Pulau Komodo

well disinilah tujuan utama saya. komodo yang hanya saya lihat di TV akhirnya bisa real didepan saya :) how happy Iam.
melihat fisik dan habitat asli dari komodo sangat menarik. betapa buasnya mereka dari ulasan tv & majalah, saya bisa dengarkan langsung dari pengalaman ranger_nya. sampai sampai 2 orang tourist asing yang bareng sama saya minta balik ke-kapal saking parnonya.

informasi singkat tentang pulau Komodo:
1. saat sampai kamu akan memilih long trecking selama 2 jam atau small trecking selama 1 jam
2. kalian akan di temani oleh 2 orang ranger depan dan belakang rombongan. fyi, dulu rombongan hanya ditemani 1 orang ranger  didepan tapi saat kecelakaan yang terjadi january lalu menyebabkan satu orang tourist tertinggal sendirian dibelakang karena dia asik dengan dunianya sendiri, maka tamatlah dia dimangsa komodo itu.
3. ranger itu membawa kayu, dengan 2 cabang diujungnya karena ada 2 alasan : 2 cabang itu bisa menjepit kepala komodo saat dia ingin menyerang & mengelabui komodo itu, karena 2 cabangnya mirip dengan lidah mereka. jadi dikiranya itu komodo besar lainnya.
4. jangan memisahkan diri dari rombongan & jangan berisik. seandainya.. ini seandainya ya tapi amit amit... kalau kamu dikejar-kejar komodo larilah zig-zag. karena komodo badannya berat dan dia larinya lurus.
6. komodo tidak suka udara ataupun air dingin, mereka suka suhu udara yang panas.
7. mereka hanya hidup di 5 pulau Gili motang, Padar ( komodonya sudah punah karena banyak pemburu yang memutuskan rantai makanan mereka, seperti rusa & babi hutan ), Nusa Kode, pulau Rinca, & pulau Komodo.
8. untuk wanita yang lagi menstruasi sangat DILARANG berkunjung ke sini, karena komodo bisa mencium mangsa apalagi darah dari jarak 4—9.5 kilometer.

lihat lidah bercabangnya...

a ranger...
4.30 WITA
Dapur boat... pulau Kalong, NTT

akhir-akhir ini dapur adalah tempat saya bermain, ngobrol sama kru kapal sambil bantu mereka siapain makanan itu suatu pengalaman tidak terlupakan.
malam itu kami berlabuh di pulau kalong, kenapa namanya kalong, karena disemak pohon bakau banyak kalong dan saat sunset kalong itu keluar semua membentuk barisan indah, begitu cerita kru kapal. tapi sekarang sudah tidak ada, ya apalagi kalau bukan karena banyak pemburu.

malam haripun kami habiskan dengan berenang dilaut ~lagi~ sambil maen bola kecil, saya lupa namanya. :D tapi saya ga turun berenang, dingin coii.. dan ga lupa musik jedug-jedug menambah ramai suasana malam itu. malam itu adalah malam terakhir kami bersama...

dapur kecil dengan kru menghasilkan makanan yang sangat enak. sampai tourist asing itu bilang "nice food" .....

1..2..3... JUMP !!!

enjoyed the sunset...
20 Mei'12
5.39 WITA
 morning...

Udara dingin membangunkanku pagi ini, buru-buru turun, menyeduh teh hangat dan pergi kedepan boat. saya tidak mau kehilangan sunrise dihari ke-4 ini. tiap pagi melihat sunrise & sore melihat sunset benar-benar terapi hati yang bagus. ahahaha hati tenang.

the sunrise...

kapal mulai menyalakan mesinnya,pulau Rinca tujuan kami selanjutnya.
dari belakang kapal saya melihat segerombolan Lumba-lumba menari, tidak lama mereka pun berteriak " dolphins "ada lagi ternyata didepan .. banyak sekali.

10.30 WITA
Pulau Rinca

lebih liar. penilaian saya awal melihat gerbang utama bertuliskan " Loh Buaya"
pulau Rinca lebih besar.. dan disini kamu bisa lebih banyak melihat Komodo nya di bawah-bawah rumah warga, terutama di kitchen.
untuk perjalanannyapun kurang lebih peraturannya sama seperti di pulau Komodo.

kamipun harus trecking lebih jauh..

berenang terakhir.. di pulau Kelor...
tekstur pantainya lebih banyak pasir.. jadi paling enak duduk dan berendam dilaut.
tapi kalau kamu adict sama snorkling kamu bisa snorkling kok,, memang harus berenang agak jauh ke tengah, tapi teman saya tetap dapet foto ikan-ikan yang cantik.

menghabiskan waktu dengan sunbating & bermain bola..

pemandangan pulau kelor... tetap saja bukit-bukit.. heheh

6.09 WITA
La prima Hotel, Labuan bajo

dan pelayaran kamipun berakhir. senangnya adalah saya bisa mandi air tawar. maklum 4hari3malam dikapal sama sekali tidak mandi, lagi juga ga ada air tawar banyak. jadi hanya basahin badan dengan air laut.

well, ngomong-ngomong tentang akomodasi di Labuan Bajo, sayapun sempat kaget..saya kira Labuan bajo tidak semodern ini, sudah banyak hotel dan penginapan disini dari mulai harga Rp.50.000 sampai Rp. 800.000 untuk hotel berbintang dengan kelas standart. ( tinggal nanya sama mbah google ya..:P ) nah la prima ini salah satu hotel baru disini, dan beruntungnya saya dapet harga promo. hehehe *harga dirahasiakan* :D

Labuan bajo sudah mulai bersolek, terang saja kota ini menjadi kota Transit untuk tourist lokal dan asing yang ingin ke pulau Komodo, maklum pulau Komodo sudah menjadi new 7 wonder. disana juga kamu akan melihat pantai yang penuh dengan kapal-kapal mewah yang sedang berlabuh.

keesokan harinya saya berkeliling kota Labuan bajo. yang selalu membuat kepala ini menengok adalah dibeberapa rumah selalu ada plang " jual ayam pedaging " ada yang bilang itu ayam negeri yang diternakan sendiri dan ada yang bilang itu ayam potong. dari 2 sumber yang berbeda si saya dapetnya. :D

ternyata Labuan Bajo yang ramai hanya disisi muka atau daerah pelabuhan saja, mulai ketengah kota ini seperti desa yang sudah beraspal.  menyewa motor memang paling benar kalau kamu hanya berjalan-jalan keliling kota ini, tapi kalau kamu mau explore lebih jauh, seperti yang saya dengar ada air terjun, kelimutu, dan lainnya itu memang agak jauh, jadi mening sewa mobil. atau kalau kamu mau Diving, disana juga banyak travel-travel bertebaran. harga sewa motor Rp.75.000 rata-rata.
saya sempat kecewa dengan tiket masuk disalah satu tempat wisata yang harus dibayar , sedikit mahal untuk melihat sebuat batu saja. namanya batu cermin 1 orang dikenakan Rp.20.000.

19.05 WITA
tree top sea view & seafood restaurant

"makanan disana enak" selalu begitu jawaban orang yang saya tanya "dimana tempat makan seafood yang enak?". melihat dari sisi depan restaurant memang menarik, dan ternyata makanannya juga enak. :) saya recomend kamu untuk pesan seafood plater Rp.125.000 for 2pax. kamu bisa dapet 1 plate besar berisi campuran hidangan seafood sudah termaksud nasi. dan rasanya enak bgt. :) untuk makanan ala carte nya rata-rata makanannya Rp.20.000
tapi tenang kok, disana tempat makan merajalela.. banyak. jadi jangan bingung mau makan apa.

sunset yang diambil dari balcon kamar hotel :)

dan begitulah perjalanan saya... Indonesia really beautiful right? so " visit Indonesia " beib..

oh ya kalau kamu ke labuan bajo panggilan akrab saat kamu ga tau namanya adalah cwe " e'nu " cwo: " nana " & makasi buat mas edi yang dah minjemin saya motor saat mencari hotel disana :) , 1 lagi, kalau kamu sampai di labuan bajo jangan heran kalau ada anak-anak yang nyamperin kamu dan nanya-nannya pake B.inggris bukan karena mereka jahat tapi mereka lagi latihan untuk ngomong b.inggris. pertanyaanyapun sekedar nama,rumah, atau sekolah..

then, salam hangat sendalkuning.

note:
- untuk ke pulau Komodo atau Rinca saja kamu bisa langsung direct dari jakarta-bali ( transit ) Labuan bajo ( pesawat )- pulau komodo atau rinca ( kapal laut ) Rp. 1,9jt-an/pax
- kamu bisa juga dari Sumbawa menggunakan kapal feri menuju labuan bajo harganya sekitar 100.000an/pax ( tanya sama mbah google yah.. )