Rabu, 22 Februari 2012

Terpesona dengan Lombok

sebelum terlanjur seru, alangkah baiknya kamu kenalan dulu dengan team saya kali ini.

  
(dari sebelah kiri) @Alvannz, @komoadhitya, @dithastagina, @ippaahh, mas @lalufauzan, & @franzbem

we are felt free & lost in lombok, baybeh !!!


memang satu kepanikan sesaat saat tiba di lombok harus merubah jadwal trip 180 derajat dari jadwal yang sebelumnya sudah dibuat dirumah. saat seperti inilah bermusyawarah dengan rekan sangat penting. tapi kita beruntung, karena  si "raden" @komoadhitya punya saudara di Lombok, jadi untuk mobil kita dipinjemin & cuma patungan bensin hehehe dan yang pasti kita dapat guide juga disana, mas @lalufauzan  .

Mencapai Lombok bisa menggunakan :

Dengan menggunakan pesawat lion air Rp. 1.044.000 PP/pax kita landed di bandara international lombok raya, Praya. yang ternyata bandara tersebut baru saja diresmikan bulan Oktober 2011. ini juga yang menjadi masalah, karena saya taunya bandaranya itu ada di kota Mataram. jadi perjalanan yang tadinya akan ditempuh dari barat-tengah-timur-utara sekarang sebaliknya. jarak Praya-Mataram sekita 40menitan. akhirnya mas Fauzan ngajak kita untuk makan siang dulu dirumah adiknya di kota Praya. kita disuguhkan plecing kangkung , salah satu makanan khas Lombok. rasanya pedes & seger gimana gitu ...

saat sedang mengobrol di ruang tamu, mas Fauzan cerita bahwa di Lombok ini juga masi mengenal kasta. kasta tertinggi adalah lalu (lelaki) & bayiq (perempuan). & buat para petani atau penduduk yang ekonomi rendah disebutnya ama. lucu...
  
saatnya jalan..............................................................


pantai Sengigi terletak di Mataram, Lombok barat. pantai yang sampai saat ini terkenal sangat indah itu kini tidak sebagus dulu, kecewa karena sebagian pantainya dijadikan tempat para nelayan menepikan perahunya. jadi sudah berpasir hitam & banyak sampah. tetapi daerah yang dikelola oleh pihak resort masih bagus. msuk tempat inipun sudah dikenakan biaya, dulu kata mas fauzan gratis. Rp.1000/pax. + parkir kendaraan bayar Rp.2000/mobil ; Rp.1000/motor ; Rp.5000/bus.

setelah dari sengigi tujuan kita mau ke bukit layar & pura batu bolong. tapi untuk pura tempatnya ditutup, ga bisa masuk alhasil kita hanya melihat dari jauh begitu juga dengan bukit layar ternyata itu hanya sebuah kawasan yang banyak dunia malamnya. kalau kamu suka hiburan seperti itu coba datang ke Jl. sengigi km 8.


tempat selanjutnya, kita diajak mampir dulu, bukit malimbu. ada 2 spot dan jaraknya tidak berjauhan. disini kamu bisa melihat cekungan laut -seperti diphoto- dari atas bukit. apalagi sambil minum es kelapa muda. :D



untungnya penyebrangan laut dari bayah ke gili trawangan masi ada jam 4 sore itu, dan sepertinya itu yang terakhir. Desa bangsal, kec.pemenang merupakan pelabuhan untuk nyebrang ke Gili. harga ticketnya : Rp.10.000/gili trawangan ; Rp.9000/gili meno ; Rp.8000/gili air. karena yang paling ramai kehidupannya adalah gili trawangan jadi kita menginap disana. lama perjalanan tergantung ombaknya bersahabat atau tidak. saya berangkat sore pada saat air laut mulai naik alhasil 20menit diperahu. kalau pagi baru cepet. pulangnya  cm 8-10menit-an. hehehe

FAKTA Gili Trawangan :
  1. Di gili trawangan tidak ada polisi. pernah dahulu mau ada polisi yang akan menjaga gili trawangan tapi masyarakat sekitar menghadang. jadi disana kalian akan free. heheh  tapi tetep, penduduk disana mendirikan agamanya dan menghormati para tourist yang berbusana sexy. banyak rumah ibadah seperti mesjid dan pure baru didirikan disana. 
  2.  Jangan takut jajan disana mahal. karena ternyata harganya sama seperti di kotanya. contohnya: air minum kemasan, Narmada (merek Lombok) harganya tetap Rp.3000/botol
  3. Saya dapat penginapan 2 malam + 2 kamar Rp.500.000. tapi ternyata di sana banyak sekali penginapan yang menawarkan harga lebih murah dari yang saya dapat. Rp.75.000/night pun ada tapi letaknya agak masuk desa, tidak dipinggir pantainya. hotel yang paling mewah disana adalah Villa Ombak. harga termurahnya Rp.900.000/night. 
    salah satu teman saya yang baru kenalan disana menginap di lumbung padi Rp. 250.000/4pax. kamarnya sudah pakai AC 
  4. Untuk makanpun disana banyak cafe & Bar yang didesign romantis sampai warteg yang jaraknya agak jauh tapi murah :D.
    tapi di cafe Fortuna, seafood sudah tidak segar.harga dibilang mahal tidak dibilang murah juga tidak, ya xoxo lah. untuk nasi goreng ayamnya Rp.25.000an. masi adalah makanan enaknya. :D 
    ada satu alun-alun di situ yang menjual makanan gerobak. makanannya ga kalah enak kok,dia hanya buka malam hari.
  5. Disana banyak sekali ATM ; Mandiri,BNI, CIMB niaga, dan lain-lain (itu aja yang saya lihat :D)

ayo-ayo kelilingi Gili Trawangan pakai sepeda atau kereta kuda khas Gili trawangan "Cidomo"
untuk menyewa sepeda harganya Rp.15.000/jam tapi semakin lama kamu menyewanya semakin murah. Rp.50.000/1hari & untuk cidomo Rp.100.000
kamu juga bisa jalan kaki kalau memang mau sambil olah raga. hehe lumayan loh.. karena gili Trawangan adalah pulau terbesar diantara gili meno & gili Air. 

 
(dari sebelah kiri) Gili Trawangan - Gili meno - Gili Air

saat sedang jalan-jalan sore @komoadhitya dikasi tau sama temannya yang di gili kalau ada sebuah Goa. orang jarang yang naik keatas.kalau kamu mau melihat, berjalanlah ke arah barat dari dermaga, nanti kamu nemuin tangga yang menanjak. ga yakin berapa lama untuk naik, tapi dia bilang jauh. disitu kamu akan melihat gili dari atas bukit.

  


menikmati sunset yang paling indah adalah tepat di ujung barat gili trawangan.
so romantic...

          

_Gili Trawangan_

 



kurang rasanya kalau kita tidak menikmati keindahan bawah laut dari gili-gili ini, untuk diving banyak travel disana yang menawarkan harga-harga special. jadi gampang. saya memilih snorkling saja. Rp.100.000/pax (rata-rata harga travelnya sama, tapi kalau kamu pinter mencari teman disana kamu bisa seperti @komoadhitya yang ditawarkan hanya Rp.85.000 ) kamu bisa snorkling di gili trawangan tempatnya blue coral, gili meno kamu bisa lihat penyu & gili air yang punya garden coral nya.



setelah snorkling kita makan siang di gili air. tamis neverland jadi pilihan kami. ayam plecingnya enak banget Rp.35.000/paket

Dan saatnya berpisah. 3 gili itu , top deh.









habis menikmati air asin sekarang saatnya air tawar. kita menuju kaki gunung halimun. lombok timur. 

Rp.5000/pax kamu bisa menikmati 2 air terjun sekaligus. sendang gile & tiu kelep.

dengan menuruni kurang lebih 400an anak tangga kita bertemu dengan air terjun sendang gile dulu (kiri) rasa  ingin membasuh badan yang lengket karena air asin langsung terbayarkan. ahahah 

untuk menuju air terjun tiu kelep kamu harus tracking yang cukup jauh dan sedikit melelahkan. tapi percayalah semua itu akan terbayar sesampainya kamu melihat keindahannya. tiu kelep (kanan).




 

menaiki tangga, melewati selokan air, melewati dam yang sekarang sudah di nonaktifkan, melewati hutan,melewati sungai deras,bebatuan yang licin DAN... welcome welcome to tiu kelep.



masih di lombok timur. kita pergi ke gili kondo. ternyata gili kondo mempunyai tetangga dengan gili lampu & gili bidara.

untuk mencapai 3 gili itu kita menyebrang dengan perahu dari pantai lampu. lagi-lagi sudah sore kita datangnya, tapi untunglah ada mas komang yang bisa mengantar kita menyebrang.  Rp.210.000 itungan charter perahu, tapi kalau mau umum Rp.20.000 PP/pax ini hanya ada dari pagi hingga siang saja. tapi kalau musim liburan mungkin bisa sampai sore.

 

di gili kondo masi sangat sepi. disini juga dijadikan tempat ladang rumput laut yang dikelola oleh swasta. owh iya, gili kondo ini tempat transit spead boat dari bali menuju pulau komodo. disini juga bisa menginap. hanya ada 1 penginapan disini Rp.150.000/night tapi belum dapat makan. kamarnya tuh kaya photo kiri. jujur saja gili kondo lebih keren spotnya untuk berenang & snorkling dari gili trawangan dan teman-temannya. pasir pantainya lembut & tidak banyak karang.
kamu bisa mengelilingi gili ini & akan menemukan gili lebur, kalau surut airnya kamu bisa berjalan kesana.disana masi berupa semak belukar walau tidak terlalu luas.




 

gili bidara masi belum ada apa-apanya. malah dijadikan penduduk pulau lampu untuk bertani.


 

gili lampu-pun juga tidak ada penghuninya...
sepulangnya menuju pantai lampu kita akan lihat penangkaran mutiara.

                                                       

malam harinya kita mengejar  Festival Bau Nyale di lombok tengah. yang sudah berlangsung selama 2 hari 12-13 feb'12 di pantai seger. dekat dengan pantai kute. rencananya mau menginap di sekitar kute tapi penginapan semuanya penuh, karena ada acara ini.
akhirnya kita dapat penginapan yang agak jauh dari kute Rp.190.000/night lumayan luas, jadi 1 kamar kita langsung ber-6

bau nyale berawal dari cerita rakyat lombok. yaitu dikisahkan seorang putri yang bernama putri mandalika yang bingung karena diperebutkan oleh 3 orang pangerang kerajaan, sampai-sampai mereka mau berperang demi mendapat dirinya. putri mandalikapun berfikirbagaimana untuk menghentikan ketegangan itu. akhirnya ia tidak memili ke-3 pangeran tersebut dengan mengorbankan dirinya terjun dari bukit seger. mengetahui berita ini seluruh pangeran beserta prajurit & masyarakat pergi  mencari jasad putri mandalika, tapi usaha mereka dalam mencari putri mandalika  disepanjang pantai seger sia-sia. mereka hanya menemukan cacing-cacing yang menyala ( cacing wawo,red ) dan mereka baru ingat akan kata-kata terakhir putri mandalika sebelum menceburkan diri ke laut, ia berpesan kalau dirinya bisa dimiliki & dinikmati oleh semua orang itu merupakan wujud kasih sayangnya kepada seluruh pangeran & masyarakat. cacing warna-warni yang muncul setelah dirinya menceburkan ke laur merupakan wujud penjelmaanya, yang kemudian ditangkap oleh seluruh masyarakat & keluarga kerajaan. cacing ini hanya mucul pada bulan 20 tanggal 10 penaggalan sasak.
 nyale merupakan bahasa sasak yang berati bersinar, terang, menyala.
dan setiap tahun keluarga kerajaan selalu datang ke pantai seger untuk melihat putri mandalika dalam sosok cacing. hal tersebut yang kemudian menjadi tradisi bau nyale.
semakin banyak nyale yang muncul mereka percaya akan hidup makmur,hasil panen akan melimpah.
nyale inipun bisa dimakan langsung setelah diambil dari pantai, dipercaya bahwa nyale ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
dan salah satu keunikannya juga, kalau mau mendapatkan banyak nyale kamu harus "berkata kotor" heheh ayo ayo yang lagi kesel sama orang kamu bisa melampiaskannya disini. :D 

                                  

salah satu toko klontong di pantai kute yang mempunya design warung unik. ahahaha photo-photo cewek semua. 


tidak jauh dari kute ada pantai tanjung Aan. indah...

  

masih didaerah tanjung Aan ada batu yang unik yaitu batu payung. letaknya dibalik bukit. untuk kesinipun harus punya tenaga extra. hati-hati ya.. dijalan kita nemu uler waduh.. untung sudah mati. 

 

tuh liat track nya demi melihat batu payung..  menyusuri pinggir pantai malah sampai harus naik-naik ke atas bukit. fiuhh

 

di lombok masi ada suku pedalamannya. salah satunya suku sasak. lombok tengah.

  

para penenun kerajinan kain suku sasak.

 

 saatnya melihat pusat kota Lombok yaitu mataram.
dapat penginapan di wisma nusantara Rp.250.000/night dapat extra bed. wismanya cukup luas jadi bisa ramean.
tapi kalau kamu mau yang lebih murah ada di hotel victory cuma Rp.100.000 dah pake AC bagus & bersih.
sempatkan diri untuk makan ayam taliwang asal lombok. Rp.35.000/ekor. enyak sekali..

 

siapkan stamina & waktu dari pagi untuk menuju tanjung ringgit. jaraknya yang jauh berada diujung timur lombok. jalan rusak, untungnya lagi ga musim hujan.kalau iya tambah sulit tracknya, becek pasti. lama perjalanan dari Mataram- Tanjung ringgit sekitar 2,5 jam-an. itupun saya mampir-mapir dulu untuk makan.
tapi memang tanjung ringgit keren banget. tidak ada orang disana kita  hanya ketemu si pengembala kambing.


                                 

pengembala itu ga ngerti bahas Indonesia, ngertinya bahasa Lombok.
 

 

disana ada sebuah goa yang menuju pantai bawahnya dari tanjung ringgit. tapi anginnya besar sekali & bentuk tangganya pun sudah keropos.

 

sempet bingung mencari pantai yang mempunyai pasir pink ini, karena sepanjang perjalanan tidak ada tanda-tanda yang mencolok untuk tau disana ada pantai. tapi si @dithastagina & @franzbem liat plank kecil ini. dan pintu masuknya berupa pagar bambu yang hampir roboh. ckckckk

oh ya saya sarankan jangan bawa mobil anda turun kebawah, memang awalnya bagus jalanannya tapi ditengah-tengah ancur & terjal. kalau mobil sedan pasti sulit untuk naik lagi. :D

                                                     

tuh liat pasir pink nya!! kerenkan?? oh ya FYI : hanya ada 11 pantai berpasir pink di Indonesia. salah satunya pantai Tangsi, lombok ini.


 

untuk mencapai ke tanjung ringgit & pantai tangsi :
menuju Praya, kamu akan menjumpai beberapa pertigaan tanpa rambu-rambu. arahkan ke kantor kepala desa jerowaru.

kalau mau bertanya pantai tangsi atau tanjung ringgit jangan menunjuk jalan pakai tangan kiri ya. masyarakat disana mengartikan itu sebagai penghinaan kasarnya. mereka langsung tersinggung gitu.. itu yang dialami sama @franzbem . hahai

dipantai tangsi juga ada goanya dan meriam jepang. dan disana hanya ada 1 keluarga yang tinggal. 
disini masi sepi sekali. masyarakat setempat mempunyai rumah yang berjauhan, karena jalan yang rusak & jauh juga menjadi faktor wisatawan tidak banyak yang kesini. 
ok. laporan selesai. :D


Side inges, Lombok
 u'r beautiful 
(lombok language)









0 komentar:

Posting Komentar