Kamis, 20 September 2012

Bali. Bali. Bali. Never get bored!

kalau denger kata Bali pasti semua udah ga heran sama keindahan pulau tersebut, jadiiii ga perlu basa basi lagi, di tulisan kali ini cuma ada foto dan info yang gw share sedetail mungkin ( menurut pengalaman gw ye ) :D 



Garuda Wisnu Kencana atau yang sering dipanggil dengan  GWK. penjelasannya ada di link ini : http://id.wikipedia.org/wiki/Garuda_Wisnu_Kencana
nah baca aje tuh artikelnya... 






Pantai Blue point ada di selatan Bali, kearah Uluwatu.setelah pantai Padang-padang. pantainya bagus untuk maen surfing ataupun bersantai.  sebelum pantai blue point ada pantai dreamland yang udah di urus sama pihak swasta, jadi kalau mau masuk situ harus lewat restaurant klapa dengan tiket Rp.100.000/pax tiketnya itu bisa dituker dengan makanan & minuman. ga bs dikembaliin kalau ga ada transaksi, tapi klo lebih dr 100rb tinggal nambahin aja kekurangannya.


Pura Uluwatu  cantik banget saat sunset & bisa maen sama  monyet-monyet juga. tiket Rp. 15.000/pax
 pertunjukan Tari kecak juga menjadi salah satu tontonan wajib disana, tiketnya Rp. 70.000/pax - jam 5.30 p.m
selain di uluwatu ada juga di tanah lot tuh.. jam 6.30 p.m


perpaduan tari kecak dengan sunset sama dengan cantik hihihih #maksa bgt bahasanya.


Tari Barong & rangda atau tari Barong & kris
pertunjukannya jam 9.30 a.m tiket Rp.100.000/pax
di daerah batu bulan, dan gw lupa nama gedungnya :D 




tarian ini  menceritakan tentang awal terjadinya kebaikan dan kebatilan didunia. pertunjukan ini bener-bener menarik, nanti pada akhirnya ada penarinya yang kesurupan terus tusuk-tusuk dadanya pake keris, tapi ga nembus. semacam debus ya.. agak ga ngerti si maksudnya apa ada sesi itu.. -_- tapi itu menghibur.



 

kintamani. bali utara. makan siang disini sambil menikmati keindahan gunung dan Danau Batur. udaranya yang dingin juga menyamankan suasana. banyak restaurant yang menyediakan makanan buffet dengan harga Rp.97.000/pax
favourite gw si di Batur Sari Restaurant.



Subak juga menjadi salah satu wisata terkenal di bali. disanai ada banyak sekali subak, tapi yang sering dikunjungi adalah tegallalang, ubud.  banyak cafe-cafe juga disana. KTM Rp.5000/pax selain disana subak juga ada di blimbing, jatiluwuh, sidemen. :)

karena masih searah, sore hari habiskan waktu di Ubud. melihat-lihat koleksi lukisan dari museum Blanco Renaissance yang berlokasi di Campuan, Ubud. beliau merupakan seorang pelukis yang terkenal di era Soekarno. lukisannya yang paling terkenal adalah lukisan seorang wanita Bali telanjang dada sambil menari dengan adat Balinya, wanita dilukisan itu merupakan istrinya sendiri.  tiket masuk Rp. 30.000/pax 

mampir ke Goa Gajah, di Desa Bedulu, blahbatu, Gianyar. merupakan pusat kerajaan Bali kuno. Goa gajah  atau yang lebih tepatnya disebut pura namun lokasinya didalam goa aja maka dinamai goa gajah. tapi didalam ga ada gajahnya ya.. tiketnya Rp. 15.000/pax




dan gw baru menyadari bahwa Tanah lot ternyata lebih keren saat sunset. hehehe 
sebelum ke tanah lot mampir dulu ke pantai Echo. ada di sebelah kiri jalan arah Tanah lot. 
pantainya lumayan cantik, sudah banyak cafe-cafe dan sedang ada pembangunan resort-resortnya pula. :)


 

cussss ke Bali Timur. 

garis pantai dari desa Candidasa sampai Desa Kubu  ternyata memiliki pantai-pantai yang indah juga. ga kalah seperti pantai yang dimiliki Bali selatan. diatas itu foto pantai Virgin yang ada di desa Candidasa.

  

Tenganan adalah sebuah Desa traditional di pulau Bali. terletak di kecamatana Manggis, kabupaten Karang asem. kalau dari Candidasa sekitar 10km laah..
Desa ini merupakan salah satu dari 3 desa Bali Aga selain Trunyan dan sembiran. yang dimaksud desa Aga adalah desa yang masih mempertahankan pola hidup yang tata masyarakatnya mengacu pada aturan traditional adat desa yang di wariskan nenek moyang mereka. bentuk dan besar bangunan serta pekarangan, hingga letak pura dibuat mengikuti aturan adat yang berlaku secara turun menurun dipertahankan. desa ini banyak menjual kain-kain bali yang dipajang didepan pintu masuk rumah masing-masing.






Besakih, mother of temple. banyak si yang guidenya ceritain tentang sejarah pura pura disini. tapi maaf, ga sama sekali yang gw record. ahahaha abisnya dah BT duluan dengan tips hunter-nya mereka. agak ga masuk akal keluar duit lebih dari 100.000 hanya untuk melihat pura. padahal di tiket masuknya cuma ditulis Rp.15.000. nanti masuk kedalam wajib pakai guide. nah gw kira 100.000 itu udah ga usa bayar lagi krn mereka bilang juga udah termaksud. tapi pas gw berbaik hati hendak memberikan tips " lagi " diakhir kunjungan, masa dia ngetawain gw,! katanya tipsnya kecil, eh buseettt 



Bali Utara, Singaraja. nyari-nyari air terjun brooo! tapi cuma capek dijalan -_- . nongkrong disana ga lebih dari 30menitan sedangkan perjalanan gw 3 jam lebih. tapi ya udahlah setidaknya gw punya cerita tentang air terjun Git-Git. namanya diambil dari lokasi desanya sendiri.  selain air terjun Git-Git ada munduk & nungnung yang katanya juga bagus. tapi gw keburu males duluan buat samperin tuh air terjun :D 


morning Kintamani. gw balik lagi ke Kintamani untuk mengunjungi desa yang gw incer, ya Trunyan. 


 
bermodalkan motor dan nanya-nanya sama warga sekitar gw memberanikan diri untuk mengunjungi desa ini yang sebelumnya gw denger bahwa image desa ini adalah "bahaya".
well.. let's see.
 jalan utama menuju desa tersebut sudah sebagian besar diaspal. nyaman aja perjalanannya. apalagi ditambah pemandangannya, yang  kanan bukit, kiri danau batur dengan gunung batur. et cakep banget kan!
 desa trunyan terletak di kaki gunung abang terpencil di ujung timur danau batur. kabupaten Bangli.


jadi desa Trunyan itu merupakan desa Bali Aga juga, yang td gw jelasin diatas ya.. yang unik dari desa ini adalah meletakkan orang yang meninggal hanya diatas tanah. berbeda dengan kebiasaan orang bali lainnya yang melakukan upacara ngaben dalam proses penguburannya. meskipun begitu, anehnya tidak tercium bau busuk sekalipun, mereka meyakini adanya pengaruh dari pohon taru menyan ( dari nama pohon tersebut juga nama desa trunyan diambil ) yang sangat wangi. 



saat proses peletakan mayat wanita tidak boleh ikut serta karena mereka meyakini akan adanya bencana yang akan menimpa.

beruntungnya saat gw berkunjung kesana, ada 1 mayat yang usianya baru 1 bulan, jadi gw bisa menelaah bagaimana bedanya mayat-mayat yang masih baru dan sudah lama dalam proses penguburan mereka. dulu mayat-mayat itu hanya diletakan tanpa pelindung, tapi karena pernah ada mayat yang dimakan hewan-hewan hutan sekarang mereka mengurungnya dengan bambu-bambu yang di tata sedemikian rupa. 
ada 3 lokasi peletakan mayat dan letaknya sengaja dipisahkan. lokasinya berdasarkan sebab meninggalnya : 1. seorang meninggal wajar & seseorang yang sudah menikah
2. mayat bayi & seseorang yang belum menikah
3. seseorang meninggal tidak wajar ( akibat santet, kecelakaan transportasi, dibunuh, dll )

disana hanya diperbolehkan ada 11 mayat, jika datang mayat baru, yang paling lama di bongkar dan diganti dengan yang baru. saat kesana banyak sesajen seperti duit-duit receh. et jangan diambil ya.. 
tengkorak dan tulang belulangpun dibiarkan berserakan.


untuk melihat keunikan mayat-mayat tersebut kamu harus nyebrang danau dengan perahu. tidak ada jalur darat untuk sampai kesana. ada 2 pelabuhan. pertama di desa kedisan menggunakan speed boat. harganya kira-kira Rp. 500.000an dan kedua dari desa trunyan-nya langsung dengan menggunakan perahu kayu yang didayung. gw ambil yang ini. perahunya bisa dinego kok. gw dapet harga Rp.350.000/perahu sudah sekaligus guide lokalnya.



sekarang Bali barat. 
ada sebuah pulau kecil diujung barat pulau ini, pulau menjangan. dekat dengan pelabuhan Gilimanuk.
pulau ini  mulai naik daun karena kecantikan pantai dan kekayaan bawah laut yang dimilikinya. 
dan memang benar, gw akui coral disana bagus-bagus banget. di pulau ini juga terdapat pura yang besar, ada patung ganeshanya. 



pulau ini di kelolah oleh kelompok nelayan Banyu Mandi. 


untuk nyebrang kesana harus melewati mimpi resort terlebih dahulu karena pelabuhannya ada dibelakang resort tersebut. terus nyebrang laut  selama 30 menit.


ini biaya yang harus dikeluarkan :

tiket masuknya 2500/pax
asuransi Rp. 4000/pax
harga kapal Rp. 375.000/boat
local guide Rp. 75.000/guide
parkir/shower Rp. 4000

itu harga yang wajib kamu bayar.
tidak bisa dikurangi. 

snorkel ( kalau mau ) Rp.40.000



di Desa Bunut Bolong ada satu pohon ditengan-tengah jalan yang sengaja dibolongi agar kendaraan bisa lewat. walaupun ga menarik amat tempatnya, tapi tetep aja turis asing berdatangan. untungnya perjalanan selama ke tempat itu bagus. desanya beda dengan yang ada di Bali selatan. lebih kentel hawa "bali" nya gitu deh. apalagi abis ada hari raya kuningan, makin cantik dengan janur-janur di sepanjang jalannya.



menikmati hari terakhir di pantai kuta. nungguin sunset.apalagi temen-temen gw dateng juga ke bali. hehehe


udahan dulu ya, ceritanya. udah ada yang marah-marah suruh gw tidur. :)
matur suksma... (terimakasih dalam bahasa Bali )

 BALI JEGEG 
BALI CANTIK

0 komentar:

Posting Komentar