Jumat, 02 November 2012

ngangkot ke teluk kiluan

Teluk kiluan terletak di pekon kiluan negeri kecamatan kelumbayan, kabupaten Tangamus, Bandar Lampung. 

sebenarnya kesana bisa naik mobil atau motor, tapi harus tahan dengan perjalanan yang cukup menguras tenaga. kali ini saya mau naik angkutan umum aja, YES! tambah nikmat perjalanannya. 


penjelasan pergi, x-deres - teluk kiluan 


7.30   terminal X - deres - pelabuhan merak, bus arimbi, Rp. 18.000 ( AC )
11.30 pelabuhan merak - bakahuni, Rp. 11.500 ( dewasa ) Rp. 7000 ( anak-anak )
14.00 bakahuni - bandar lampung, travel ( seperti mobil pribadi biasanya avanza/ xenia ), Rp. 50.000

karena sudah sore, jadinya dilanjutin besok perjalanannya. lebih enak nginap di bandar lampung, kalian bisa menikmati kulinernya dan sedikit melihat kehidupan kota bandar lampung.

8.30 terminal Rajabasa - Hanura, bus Damri, Rp. 22.000
10.00 pasar Hanura - jalan 3 ( desa bawang ), ojeg, Rp. 60.000
12.30 jalan 3 ( desa bawang ) - teluk kiluan, ojeg, Rp. 20.000
1.00 teluk kiluan - pulau kiluan, kapal jukung, Rp.10.000

info & tips :
  1. kalau tidak mau menginap di bandar  lampung usahakan sampai pelabuhan merak pagi hari agar bisa sampai teluk kiluan sore. jangan paksa perjalanan malam hari. bukan karena tidak aman tapi angkutan disana masih sedikit susah. terutama dari hanura sampai teluk kiluannya.
  2. saat naik kapal ferry harga diatas adalah untuk kelas ekonomi kalau mau dikelas executive tinggal nambah Rp.10.000
  3. travel disana memang belum ada terminalnya, itupun saya naik travel setelah ada calo yang meneriakkan "travel travel" setelah saya mendarat di bakahuni. tapi memang travel sudah banyak digemari oleh masyarakat lampung. kalau kata sopir angkot " bus kalah pamor sama travel ". saat naikpun kita akan bertemu dengan penumpang yang lain; lain tujuannya, lain harga. pintar-pintarlah bernego.
  4. sempat kaget karena menurut informasi untuk ke desa bawang itu ada angkot, memang ada tapi itu hanya berangkat sekali dan adanya jam 12 - 2 siang. nah loh! saya sampai sana jam 10 pagi trus mesti nunggu sampai jam 2, gitu ??? kalaupun ada angkot itu hanya sampai padang cermin setelah itu untuk ke desa bawang tidak ada angkutan lagi, tapi harus menggunakan travel tadi yg saya bilang diatas. beruntungnya disana ada abang ojeg yang bersedia mengantar saya ke desa bawang yang katanya, dia sudah sering ke desa bawang karena punya kebon disana. daripada buang waktu saya ambil tawarannya. ya, alternatif kalau kamu ga dapet ntuh travel maka naiklah ojeg. walaupun perjalanannya 2,5 jam sendiri plus jalanan yang aduhai membuat pantat sakit karena sebagian jalanan ada yang rusak sampe parah, tapi lebih baiklah. sekali lagi bernegoisasilah. Rp.60.000 itu sudah " harga jujur " kata si tukang ojeg tersebut :D
  5. perjalanan dari desa bawangpun memakai jasa ojeg. harga Rp.20.000 itupun karena di negoin sama tukang ojeg yang anter saya dari hanura, harga sama daerah. jadi paling mahal ya, harga ojeg untuk ke teluk kiluan itu Rp.30.000
  6. nyebrang ke pulau kiluan naik perahu jukung dari teluk kiluan. perahu kayu ramping yang hanya muat untuk 4 orang penumpang termaksud pengemudinya. untuk perahu kamu bisa survei langsung ke pemilik homestay2 disitu. kamu juga bisa menginap disini dan besoknya baru menyebrang ke pulau kiluan. harganya Rp.350.000/night ( sedikit mahal si melihat keadaan yang terbuat dari kayu, kasur kapuk lipat, kamar mandi yang tragis, sedikit pengap & no AC. awalnya saya dikasi harga Rp.50.000 untuk antar jemput pulau kiluan yang hanya memakan waktu 15 menit. tapi ternyata dikasih tau sama pemilik homestay pulau kiluan harganya Rp.10.000 aja tuh untuk sekali jalan.
  7. tiket masuk pulau kiluan Rp.5000
  8. beruntung banget loh homestay yang hanya satu-satunya dipulau kiluan ini masih tersisa. nyaris, memang tinggal 1 kamar. hehehe fiuh! Rp.150.000/night harga cukup masuk akal nih. homestaynyapun dirawat cukup traditional dan bersih. kasurnya juga ga bau apek. jadi nih saudara saudara  kalau mau menginap di homestay ini harus reserved dulu dari 2minggu sebelumnya. halah! kalau kamu mau nambah makan Rp.15.000/sekali makan. nanti lauknya sudah disiapkan sama ibunya, yang pasti dari hasil lautlah ya...
  9. " paket tour " begitulah mereka meyebut paket perjalanan bagi yang mau melihat lumba-lumba. Rp.250.000/perahu yang hanya bisa diisi oleh 3 penumpang. lama mencari lumba-lumba 3jam-an. saya sempat khawatir tidak akan melihat lumba-lumba karena setau saya ( sotoy ) kalau  bisa lihat lumba-lumba tukan karena faktor luck. tapi kata mas nya 80% yang kesini, pasti lihat lumba-lumbanya, kecuali kalau memang cuaca yang sangat buruk sekali. bangun pagi-pagi ya.. biasanya perahu berangkat jam 5.30
  10. life jacket saat melihat lumba- lumba itu diharuskan. Rp. 10.000 


mencari lumba - lumba 


jumlah lumba- lumba disana banyak sekali


kalau tadi penjelasan tentang pergi ke pulau kiluannya, sekarang penjelasan untuk pulangnya. karena hari minggu dimana kebiasaan masyarakat desa bawang itu menghabiskan waktu untuk istirahat atau liburan dengan keluarga. maka, cobaan saya bertambah saat itu juga. ga ada angkot pulang!!! tapi tenang, orang Indonesia itu baik - baik. jadi ada aja yang nolong.

penjelasan pulangnya, pulau kiluan - x-dres

11.00  pulau kiluan - teluk kiluan, perahu jukung, Rp.10.000/perahu
11.15  teluk kiluan - desa bawang, ojeg, Rp. 20.000
12.30  desa bawang - padang cermin, ojeg, Rp. 50.000
14.00  padang cermin - gudang garam, angkot, Rp. 10.000
15.30  gudang garam - padang padang, angkot kuning, Rp. 5000
16.00  padang padang - bakahuni, travel, Rp. 25.000
18.30  bakahuni - pelabuhan merak, ferry, Rp. 11.500 ( dewasa ) Rp. 7000 ( anak-anak )
10.00  terminal merak - x-deres, bus arimbi, Rp. 18.000

info & tips :
  1. seperti yang saya bilang tadi, hari minggu itu angkot nya susah. di teluk kiluanpun tidak ada ojeg yang selalu standby selalu. jadi minta tolong kepada mas perahu yang membawa kamu ke teluk kiluan untuk dicarikan jasa ojeg. sayapun dapet setelah kerumah-rumah warga.
  2. desa bawang ini-nih yang nunggunya lama banget. saya juga minta tolong ke tukang ojegnya untuk dicarikan travel ke hanura atau manapun yang bisa ketemu angkot deh. tetap saja nihil. semua rumah yang punya mobil yang biasanya narik-pun mereka menolak.untunglah ada teman dari tukang ojeg tersebut yang ingin kearah sana, alhasil saya nebeng sama dia & diantarkan sampai padang cermin, yg ada angkotnya. tetap saya mau bayar dia Rp.50.000
  3. dulu angkot banyak yang lalu lalang ke dan dari desa bawang, tapi sekarang penumpangnya sedikit karena mereka sudah banyak yang punya kendaraan sendiri terutama motor.
  4. siapin uang-uang receh ya kalau mau backpackeran kesana pake angkot. hehehhe 



*harga diatas itu untuk perPAX

well, semoga backpackeran kalian menyenangkan ya.. pastinya kalian punya cerita sendiri yang lebih seru.
 sedikit curhat, saat nyari informasi akses ke kiluan dolphin di internet itu sama semua, sedikit buat saya kesal dan dengan informasi diatas mudah-mudahan bermanfaat ya.. :)

see ya..

2 komentar:

  1. Mantabs Bro....Thanks informasinya, suatu saat insyaAllah saya akan menyempatkan singgah ke tempat yang satu ini, Salam sukses....

    BalasHapus
  2. asoy daahhh.... omong punya omong banya rampok alias tukang palak di raja basah???? aman gak si,,, terim terime kasi

    BalasHapus