Minggu, 05 Februari 2012

6 jam explore Goa Gudawang

minggu itu biasanya saya habiskan waktu bersama keluarga. tapi karena hari ini mama lagi lembur kerja, jadi saya putuskan untuk traveling.
kebetulan teman saya, lena memberi info di facebook kalau ada wisata goa dekat rumahnya. ok saya putuskan untuk kesana. kebetulan saya sedang tertarik dengan wisata goa. :) dan karena saya akan melewati legok yang merupakan  daerah saya bersekolah saat SMP dulu jadi saya invite teman-teman SMP buat ikut perjalanan ini sekalian temu kangen. :D

jam 7 pagi : saya sudah start menjemput teman-teman ditempat yang sudah dijanjikan. Bonang, Medang, Legok, Parung, dan terakhir sampai di lokasinya, cigudeg kabupaten tingkat II bogor (barat).

 poto by @Ippaahh

jam 10 pagi saya sampai di lokasi.


untuk pergi ke goa Gudawang bisa dengan :
  1. naik angkot. menggunakan bus KJU dari terminal kalideres tujuan jasinga. dan bisa turun langsung didepan gerbang pintu masuk goa Gudawang.
  2. naik kereta. dari station kota naik jurusan rangkas bitung atau merak, turun di station parung panjang. terus naik angkot lagi semacam mobil carry atau juga bisa naik KJU diatas jurusan bunar atau Jasinga.
  3. naik mobil pribadi dari arah mana aja, pokoknya arahnya serpong, legok, jaha, parung panjang, jasinga,  & cigudeg.
  4. naik motor juga bisa, dengan arah yg sama diatas ya. saat saya kesana banyak wisatawan yang berkunjung bersama teman-teman dan juga pacar. :D
masuk wisata Goa Gudawang Rp. 2.500/pax  + Rp. 500 untuk jasa marga. kalau kamu butuh Guide kamu kasih upah rokok aja untuk bayarannya.

well, goa gudawang merupakan komplek goa-goa yang berjumlah 28. tapi hanya 3 goa yang saat ini dibuka untuk umum, yaitu : goa simenteng, goa sipahang, & goa simasigit.
goa-goa tersebut sampai sekarang belum diketahui sejarahnya, tapi yang pasti goa ini berjasa besar bagi masyarakat Indonesia untuk bersembunyi dari penjajahan Jepang saat itu
Goa Gudawang berada di bukit gunung cinangkit.


                                                                    poto by @Ippaahh
                                             

 goa simenteng. mulut goanya dibentuk pala harimau yang merupakan lambang dari Bogor. 
goanya sudah ada penerangan, oksigen dan jalannya pun sudah dibuat tangga. jadi tidak terlalu sulit untuk memasukinya.
panjangnya 300 m. didalam siap-siap untuk basah-basahan ya.. karena ada airnya, dan kalau kamu memasuki lebih dalam tinggi air bisa sampai sedada orang dewasa.                                                                        
 poto by @Ippaahh

tangga-nya-pun sedikit licin dan terjal keatas. jadi hati-hati ya...

                          poto by @Ippaahh                                                  poto by @Ippaahh

selanjutnya, goa simasigit. jarak lumayan dekat dengan goa simenteng. goa ini tidak terlalu besar hanya 20 m kedalam. dan baru di goa ini saya menemukan yang masih ada kalelawarnya. mulut goanyapun sama berbentuk kepala harimau.

                                                                       poto by @Ippaahh


terakhir kita ke goa sipahang. letak goa ini agak jauh diantara 2 goa didepan tadi, sekitar 350 m berjalan kaki. disini belum ada penerangan, jadi mesti bawa senter. dulu goa ini bisa tembus ke gua simenteng tapi jalannya sudah tertutup batu.

                 
                    poto by @Ippaahh

disinipun kamu akan basah-basahan. di beberapa titikpun kamu harus jongkok kalau mau masuk lebih dalam. 

 poto by @Ippaahh   


dapet kuncup bunga kering pas keluar goa. poto ajaaaa.. ahaha




saking segernya air yang mengalir didalam goa ini, teman saya sampai merendamkan kaki sambil asik mengobrol :)


jam 12 lebih dikit saya sudah pulang dengan perut kelaparan....




                                                                                    
                                                                                                                     


5 komentar:

  1. wah blog lo menarik nih mey, semangat buat nulis artikel wisatanya mey !

    BalasHapus
  2. Really a short trip but give a valuable Tourism information :)

    BalasHapus
  3. Seru banget ya caving gitu.

    Salam kenal sebelumnya
    http://cumakeluyuran.blogspot.com/

    BalasHapus